FH UGM Gelar NMCC Bulaksumur V, Juaranya dari Barat hingga Timur Indonesia
Terbaru

FH UGM Gelar NMCC Bulaksumur V, Juaranya dari Barat hingga Timur Indonesia

Para pemenang dan peraih penghargaan adalah kampus-kampus hukum terkemuka di Indonesia.

Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi sidang moot court
Ilustrasi sidang moot court

National Moot Court Competition (NMCC) Bulaksumur V yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) juara tahun ini. Juara 1 NMCC Bulaksumur V dimenangkan Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Jawa Timur), Juara 2 diraih Fakultas Hukum Universitas Udayana (Bali), dan Juara 3 diraih Fakultas Hukum Universitas Hasanudin (Sulawesi Selatan). Babak final NMCC Bulaksumur V berlangsung di Jogjakarta, 18-20 November 2022 lalu.

Ajang kompetisi peradilan semu ini sempat ditangguhkan selama masa pandemi Covid-19 belum terkendali. Tahun 2022 ini NMCC Bulaksumur V digelar dengan inovasi perlombaan hybrid-system dan hiburan meriah dari penyanyi solo ‘Ello’. “Dengan mengusung tema kebudayaan, delegasi dan observer dapat merasakan nuansa Kota Jogjakarta dan Universitas Gadjah Mada yang penuh akan sejarah dan pesona alamnya,” demikian penjelasan tertulis panitia NMCC Bulaksumur V melalui siaran pers kepada Hukumonline.

Semarak NMCC Bulaksumur V dibuka langsung oleh Dekan FH UGM, Dahliana Hasan. Acara pembukaan disertai seminar daring berjudul “Mitigasi Risiko Wanprestasi dalam Kontrak Bisnis Menurut Perspektif Hukum Indonesia”. Kalangan akademisi dan praktisi pakar hadir menjadi narasumber. Mereka adalah Prof. Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M. (Guru Besar Hukum Bisnis Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada), Dewi Savitri Reni, S.H., L.LM. (Partner at SSEK Legal Consultant), dan Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D. (Ketua Umum Perkumpulan Perancang dan Ahli Hukum Kontrak Indonesia).

Baca Juga:

Panitia mencatat ada lebih dari 400 peserta yang hadir melalui siaran langsung di kanal YouTube dan secara langsung di FH UGM. Penjurian babak final mengangkat kasus sengketa rahasia dagang yang masih jarang ditemukan di peradilan Indonesia. Simulasi kasus yang termasuk langka ini menambah keseruan dan tantangan bagi seluruh delegasi yang berkompetisi.

Euforia berlanjut dalam acara Intimate Night yang menjadi momen persahabatan para anggota tim lintas Universitas. Peserta babak final NMCC Bulaksumur V mendapat kesempatan wisata kotauntuk menikmati berbagai lokasi menarik di kota Jogjakarta. Beberapa lokasi yang dikunjungi adalah Museum Ullen Sentalu hingga Restoran Kopi Bukan Luwak.

Penyerahan anugerah juara NMCC Bulaksumur V berlangsung di Imperial Ballroom The Rich Hotel Jogjakarta. Tidak hanya tiga jawara NMCC Bulaksumur V yang membawa pulang gelar penghargaan dari kompetisi ini. Ada juga beberapa penghargaan lain dalam beberapa kategori. Salah satunya adalah delegasi Fakultas Hukum Universitas Padjajaran yang berhasil meraih penghargaan Berkas Terbaik dalam NMCC Bulaksumur V.

Para juara pun masih mendapatkan penghargaan tambahan. Delegasi Fakultas Hukum Universitas Hasanudin mendapatkan penghargaan Penggugat Terbaik, sementara delegasi Fakultas Hukum Universitas Airlangga memborong penghargaan Penggugat Terbaik, Tergugat Terbaik, Majelis Hakim Terbaik, Panitera Pengganti Terbaik, dan Saksi/Ahli Terbaik. Puncak acara rangkaian NMCC Bulaksumur V ditutup dengan penampilan meriah Ello sebagai bintang tamu utama.

Tags:

Berita Terkait