Menjanjikan, Ini 3 Peminatan Prodi Hukum Bisnis Internasional Prasetiya Mulya
Terbaru

Menjanjikan, Ini 3 Peminatan Prodi Hukum Bisnis Internasional Prasetiya Mulya

Fokus mencetak praktisi hukum yang menghasilkan lulusan yang siap kerja, paham aspek bisnis, dan tahu aspek transaksi hukum bisnis internasional. Target utama karier lulusannya adalah corporate lawyer di law firm bereputasi internasional atau in house lawyer di perusahaan multinasional.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 3 Menit
Kampus Universitas Prasetiya Mulya. Foto: prasetiyamulya.ac.id
Kampus Universitas Prasetiya Mulya. Foto: prasetiyamulya.ac.id

Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) dikenal sebagai dan sekolah bisnis terkemuka di Indonesia sejak tahun 1982. Eksistensinya kini telah menjangkau prospek bisnis jasa hukum. Tercatat sekolah bisnis ini membuka Program Studi (Prodi) Hukum Bisnis Internasional sejak tahun 2018. “Kami ingin menghasilkan lulusan yang berkarier corporate lawyer di law firm bereputasi internasional atau in house lawyer di perusahaan multinasional,” kata Tri Harnowo, Ketua Prodi Hukum Bisnis Internasional Universitas Prasetiya Mulya, kepada Hukumonline.

Prasmul awalnya bernama Institut Manajemen Prasetiya Mulya yang ikut mempelopori pendidikan Master of Business Administration/MBA di Indonesia. Selanjutnya di tahun 1993 kampus ini berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya dan program MBA berganti nama menjadi Magister Manajemen/M.M. Tahun 2005 menjadi kali pertama kampus bisnis ini membuka program studi sarjana. Prasmul kembali berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prasetiya Mulya di tahun 2011 dan menjadi Universitas Prasetiya Mulya di tahun 2016.

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum, silakan klik artikel Klinik berikut ini: Hukumnya Jika Advokat Hilangkan Bukti Milik Klien

“Prasmul merancang kurikulum yang memenuhi kebutuhan masa depan para stakeholder. Kami menghasilkan lulusan yang siap kerja, paham aspek bisnis, dan tahu aspek transaksi hukum bisnis internasional. Lulusan kami punya tiga keahlian lengkap yang diperlukan law firm, cukup pada satu orang,” kata Tri menjelaskan prospek lulusan hukum dari Prasmul. Kampus bisnis ini resmi mengembangkan diri menjadi kampus hukum sejak mahasiswa angkatan pertama diterima tahun 2018. Fokus utama Prasmul sejak awal adalah menghasilkan praktisi bisnis jasa hukum berkelas internasional.

“Ada minimal 144 SKS yang harus diambil. Kami tidak hanya mengajarkan teori bisnis, tapi juga praktik bisnis. Salah satu mata kuliah wajibnya adalah Lawyerpreneurship, mahasiswa wajib buat business plan di semester tujuh,” ujar Tri melanjutkan.

Baca Juga:

Mata kuliah yang disajikan menggunakan bahasa Inggris. Namun, perkuliahan secara umum diselenggarakan dengan bahasa Indonesia. Tri mengatakan beberapa kelas menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar bergantung ketentuan dosen pengampu. Ada banyak mata kuliah praktik mulai dari wajib magang bidang hukum hingga pelatihan kerja nyata secara umum.

Tags:

Berita Terkait