Terbanyak, 32 Mahasiswa FHUI Raih Beasiswa IISMA ke Kampus Luar Negeri
Utama

Terbanyak, 32 Mahasiswa FHUI Raih Beasiswa IISMA ke Kampus Luar Negeri

Tersebar untuk mengikuti studi luar negeri selama 6 bulan mulai ke kampus-kampus hukum di seantero Asia, Oseania, Eropa, Amerika Serikat, dan Amerika Latin.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) mengirimkan mahasiswa hukum terbanyak ke kampus hukum luar negeri dalam program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Sebanyak 32 mahasiswa FHUI akan mulai mengikuti program belajar selama satu semester di berbagai kampus terkemuka luar negeri pada bulan September 2022 mendatang.

“Mulai berangkat pada bulan Agustus nanti, mulai studi di kampus tujuan di bulan September,” kata Hening Hapsari Setyorini, Manajer Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia, kepada Hukumonline, Senin (11/7/2022). IISMA adalah program beasiswa mobilitas internasional mahasiswa Indonesia yang diberikan Kementerian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Beasiswa ini bagian dari paket program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Mahasiswa yang lulus seleksi mendapatkan pendanaan penuh untuk segala keperluan studi luar negeri selama 6 bulan.

Hening mengaku jumlah 32 mahasiswa ini jauh lebih banyak dibandingkan penerima beasiswa IISMA dari FHUI di gelombang pertama. “Ini baru bacth kedua, jumlahnya meningkat karena senior mereka di batch pertama mendapat penilaian memuaskan lulus semua mata kuliah. Jumlah penerima beasiswa IISMA yang lulus seleksi dari UI ini yang terbanyak se-Indonesia,” kata dia.

Baca Juga:

Pelaksanaan beasiswa IISMA pada gelombang pertama dilaksanakan campuran, sehingga tidak semua mahasiswa bisa berangkat ke kampus hukum tujuan di luar negeri. Hening mengatakan mahasiswa FHUI penerima beasiswa IISMA pada gelombang kedua ini akan berangkat semuanya.

“Saya sudah memberikan pengarahan kepada mereka yang akan berangkat untuk memanfaatkan kesempatan berharga ini. Hal utama tentu lulus semua mata kuliah yang diambil selama satu semester di sana,” harap Hening. Para mahasiswa penerima beasiswa mendapat pendanaan penuh untuk mengikuti studi di kampus hukum negara tujuan. Nilai studi mereka di sana akan menggantikan kredit semester selama satu semester mengikuti program IISMA.

Berikut ini adalah 32 nama mahasiswa yang meraih beasiswa IISMA 2022 berdasarkan informasi resmi yang diumumkan FHUI.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait