Via E-Voting, Luhut MP Pangaribuan Jadi Ketua Umum PERADI
Berita

Via E-Voting, Luhut MP Pangaribuan Jadi Ketua Umum PERADI

Hotman, "Jadi kalau ada orang yang memilih dirinya sendiri menjadi ketua, itu lebih hina dari negara terkutuk,”

Oleh:
RZK
Bacaan 2 Menit
Luhut MP Pangaribuan. Foto: RES
Luhut MP Pangaribuan. Foto: RES

Satu lagi advokat menyandang status sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI). Melalui pemilihan secara one man one vote dan e-voting dengan menggunakan short message service, Luhut MP Pangaribuan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum DPN PERADI 2015-2020.

“Berdasarkan tatib yang telah disepakati terpilih secara otomatis Luhut sebagai Ketua Umum DPN PERADI 2015-2020,” kata Junaedi Sirait, Panitia Kerja Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub), dihubungi hukumonline, Jumat malam (28/8).

Dijelaskan Junaedi, tata tertib mengatur bahwa apabila hanya satu kandidat yang mengembalikan berkas pendaftaran, maka calon tunggal tersebut otomatis ditetapkan sebagai Ketua Umum DPN PERADI terpilih. Menurut dia, dari enam kandidat yang ada, hanya Luhut yang mengembalikan berkas.

“Karena hanya ada satu calon, maka kita sampaikan kepada pemilih melalui SMS, apakah saudara setuju menetapkan Luhut sebagai Ketua Umum. Jika setuju maka pemilih menjawab via SMS, ‘PERADI Ya’. Semuanya memberikan jawaban ‘PERADI Ya’,” paparnya.

Dipaparkan Junaedi, jumlah pendaftar yang masuk dalam e-voting sekitar 1200-an orang, tetapi hanya sekitar 700-an orang yang dinyatakan lolos verifikasi. 700-an orang itu lah yang menyetujui terpilihnya secara aklamasi Luhut Pangaribuan sebagai Ketua Umum DPN PERADI 2015-2020. 

Sebagaimana diketahui, panitia Munaslub hanya mengundang enam kandidat yang muncul menjelang pelaksanaan Munas II PERADI di Makassar, Sulawesi Selatan, Maret 2015 silam. Mereka adalah Luhut Pangaribuan, Humphrey Djemat, Hasanuddin Nasution, Jamaslin James Purba, Fauzie Yusuf Hasibuan, dan Juniver Girsang.

Dari enam kandidat itu, Juniver Girsang dan Hasanuddin Nasution telah membentuk kepengurusan DPN PERADI sendiri. Begitu pula dengan Fauzie Yusuf Hasibuan dan kemudian Jamaslin James Purba yang ikut bergabung.

Tags:

Berita Terkait