Saldo Dipotong Karena Salah Memasukkan PIN, Bolehkah?

Bacaan 6 Menit
Saldo Dipotong Karena Salah Memasukkan PIN, Bolehkah?
Pertanyaan

Bung Pokrol, kemarin saya mau melakukan transaksi di ATM, Tapi saya salah PIN sampai dua kali. Eh ternyata uang di rekening saya berkurang. Apakah ada denda kalau kita salah memasukkan PIN ATM? Bagaimana sebenarnya pengaturannya? Terima kasih.

 

Intisari Jawaban

Untuk menentukan sah atau tidaknya pemotongan saldo karena salah memasukan PIN tersebut, perlu dilihat terlebih dahulu isi perjanjian yang telah disepakati nasabah dan bank saat melakukan pembukaan rekening. Dalam hal ini, Anda harus memeriksa apakah ada klausula yang menyatakan bahwa setiap kesalahan pemasukan kode PIN, bank berhak memotong saldo rekening nasabah atau menarik sejumlah biaya yang melekat pada produk bank (ATM) atau tidak.

Jika dalam perjanjian telah disepakati dan telah diinformasikan secara jelas, maka hal ini bukan merupakan pelanggaran hukum. Lain halnya jika tidak disepakati sebelumnya, maka perbuatan ini melanggar hukum dan oleh karenanya bank dapat dikenai sanksi berupa teguran tertulis.

Selain itu, perlu diperhatikan pula bunyi ketentuan dalam perjanjian, apakah termasuk klausula baku atau tidak. Sebab, pencantuman klausula yang demikian dinyatakan batal demi hukum.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika