Bisakah Membayar Tunggakan Utang di Aplikasi Online dengan Cara Mencicil?

Bacaan 8 Menit
Bisakah Membayar Tunggakan Utang di Aplikasi Online dengan Cara Mencicil?
Pertanyaan

Saya saat ini terlilit utang terhadap beberapa aplikasi pinjaman online, dengan total tagihan sekitar 12 juta. Bisakah saya mengajukan permohonan kepada pihak yang bersangkutan untuk melunasi utang saya itu dengan cara mencicil sesuai kemampuan saya? Jika tidak, bagaimana langkah yang benar yang harus saya ambil? Apakah saya bisa dijerat hukum karena telah berutang? Saya mohon pencerahannya.

Intisari Jawaban
?
Pada dasarnya pada perjanjian pinjam meminjam pada aplikasi tersebut telah tercantum ketentuan mengenai ?nilai angsuran?. Itu berarti, jika Anda meminjam sejumlah uang (Rp 12 juta), maka dapat dibayarkan dengan cara cicilan dan skema cicilan (besaran cicilan) dapat dicantumkan dalam perjanjian.
?
Tetapi jika yang Anda maksud utang Rp?12 juta tersebut adalah akumulasi cicilan yang belum Anda lunasi dalam jangka waktu tertentu, dan Anda meminta untuk membayar tunggakan tersebut dengan cara mencicil, maka sepanjang penelusuran kami tidak ada aturan mengenai hal ini. Namun bukan berarti hal itu dilarang (bisa dicicil sepanjang disepakati oleh para pihak).
?
Apa langkah yang dapat Anda lakukan dan bisakah dipidana karena tidak bisa melunasi utang? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?