Hukumnya Promosi Pakai Nama dan Foto Boy Band Tanpa Izin

Bacaan 9 Menit
Hukumnya Promosi Pakai Nama dan Foto <i>Boy Band</i> Tanpa Izin
Pertanyaan

Akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan tentang promosi salah satu restaurant yang bekerja sama dengan salah satu boy group, mengambil keuntungan yang fantastis dari adanya promosi ini. Melihat hal tersebut, banyak penjual lain yang mulai menggunakan foto dan nama dari grup tersebut untuk promosi produk mereka tanpa seizin dari artis yang bersangkutan. Apakah nama dari boy group tersebut telah terdaftar secara hukum, apakah ini termasuk masalah hukum? Dan apa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah seperti ini? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Potret sebagai suatu karya fotografi dengan objek manusia merupakan ciptaan yang dilindungi oleh peraturan perundang-undangan. Karena merupakan ciptaan yang dilindungi, setiap orang dilarang menggunakan potret untuk kepentingan komersial, penggandaan, pengumuman, pendistribusian, dan/atau komunikasi atas potret yang dibuatnya secara komersial tanpa melalui persetujuan tertulis dari orang yang dipotret atau ahli warisnya.

Sedangkan nama boy group tersebut apabila telah terdaftar sebagai merek, maka penggunaan namanya secara komersial tanpa izin untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan merupakan suatu pelanggaran merek.

Apa saja sanksi atas pelanggaran tersebut dan bagaimana upaya hukum bagi pihak yang dirugikan?

Penjelasan selengkapnya dapat Anda klik ulasan di bawah ini.