AKPI Bakal Gelar Pemilihan Ketua Umum pada RAT Agustus Mendatang
Terbaru

AKPI Bakal Gelar Pemilihan Ketua Umum pada RAT Agustus Mendatang

Pelaksanaan RAT 2022 juga mengagendakan pemilihan Ketua Umum AKPI bertempat di DKI Jakarta pada bulan Agustus 2022 mendatang. Sejauh ini baru 3 pasangan calon ketua umum AKPI periode 2022-2025 yang mendeklarasikan diri.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Ketua Umum AKPI Jimmy Simanjuntak. Foto: RES
Ketua Umum AKPI Jimmy Simanjuntak. Foto: RES

Sejak 2019 lalu, masa kepengurusan Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) di bawah kepemimpinan Jimmy Simanjuntak bakal berakhir. Untuk melanjutkan roda organisasi, AKPI telah merencanakan pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada Agustus 2022 mendatang sekaligus mengagendakan pemilihan Ketua Umum periode 2022-2025.

“RAT digelar setiap tahun, tetapi karena periode kepengurusan itu per 3 tahun, maka agenda itu tambahannya pemilihan Ketua Umum. Kalau sesuai waktu yang dalam periode kami itu selambat-lambatnya akhir bulan Agustus,” ujar Ketua Umum AKPI Jimmy Simanjuntak kepada Hukumonline, Senin (20/6/2022) malam.

Ia mengatakan mengenai tanggal pasti pelaksanaan RAT masih dalam tahap pembahasan. Tanggal yang akan ditentukan nantinya tergantung dengan venue atau tempat penyelenggaraan RAT yang dapat menampung kapasitas anggota AKPI.

Pemilihan Ketua Umum AKPI di tahun ini memiliki formula dan cara yang berbeda dari tahun 2019. Berdasarkan Anggaran Dasar AKPI yang telah diubah, guna meningkatkan iklim demokrasi, diberlakukan sistem one man one vote. Sehingga tidak ada lagi penggunaan sistem surat kuasa.

Baca Juga:

Atas dasar tersebut, panitia diharuskan mencari tempat yang cukup representatif dari sisi letak dan juga kapasitas untuk menampung anggota AKPI yang akan hadir. “Jadi kalau waktu kurang lebih di sekitar Agustus, bisa paling lambat akhir Agustus. Tapi kalau tempat kami belum bisa pastikan, karena mungkin paling lambat hari Jum'at ini sudah kami putuskan tempatnya di mana.”

Jimmy menerangkan dengan mekanisme RAT yang dilangsungkan secara full offline, pelaksanaan RAT nantinya akan bertempat di DKI Jakarta. Hanya saja hotel tempat pelaksanaannya yang masih belum dipastikan.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait