Bang Erman, Dedikasi Luhur bagi Anak Didik
Kolom

Bang Erman, Dedikasi Luhur bagi Anak Didik

Bagi Bang Erman, sebaik-baiknya cara memanfaatkan waktu adalah dengan berusaha sekuat tenaga membantu orang banyak. Bantuan yang diberikan pun "above and beyond" dari standar yang umum.

Bacaan 5 Menit
Bang Erman, Dedikasi Luhur bagi Anak Didik
Hukumonline

"Itu dia Erman Rajagukguk. Doktor hukum muda yang baru datang dari Amerika. Orang hebat dia. Bakal banyak bikin perubahan di kampus kita". Begitu ucapan seorang senior saya di FHUI sambil menunjuk kepada orang berperawakan sedang, berambut lurus agak panjang, berbaju batik agak gombrong, berjalan kaki dari stasiun kereta Kampus UI menuju pintu masuk FHUI sambil menyandang ransel.

Kalau tidak salah itu terjadi pada akhir 1989 dan saya hanya bisa memandang orang hebat itu dengan penuh kekaguman. Doktor muda itu akhirnya menjadi inspirasi bagi banyak mahasiswa serta dosen dan berhasil ikut mendorong perubahan besar di FHUI serta dunia hukum Indonesia pada umumnya.

Saya tidak pernah berhenti bersyukur bisa dibimbing skripsi, menjadi asisten di FHUI terus berguru kepada Bang Erman (panggilan akrab saya kepada Prof. Erman Rajagukguk) hingga akhir hayatnya.

Baca juga:

Mas Arief T Surowidjojo bercerita mengenai persahabatannya dengan Bang Erman serta kontribusinya di dunia hukum dalam tulisan yang indah dan mengharukan berjudul “Selamat Jalan Pendidik Sejati”. Banyak cerita serta kesaksian lain mengenai bang Erman yang ditulis oleh murid-murid beliau di sosial media. Seluruhnya menceritakan betapa Bang Erman menyentuh kehidupan mereka dan membuat mereka menjadi manusia yang lebih baik.

Dari begitu banyak ilmu serta perilaku yang saya amati dan pelajari dari Bang Erman, saya ingin menuliskan beberapa saja dalam ruang yang terbatas ini.

Dedikasi Membantu Banyak Orang Tanpa Pamrih

Hidup kita relatif sangat singkat. Waktu yang terbatas itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Bagi Bang Erman, sebaik-baiknya cara memanfaatkan waktu adalah dengan berusaha sekuat tenaga membantu orang banyak. Dalam membantu orang, beliau tidak pernah tanggung-tanggung. Ia selalu mencoba melakukannya "above and beyond" standar yang umum.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait