Risiko Hukum Mengubah Keterangan dalam Akta Kelahiran

Bacaan 6 Menit
Risiko Hukum Mengubah Keterangan dalam Akta Kelahiran
Pertanyaan

Saya punya anak di luar pernikahan, saat saya membuat akta kelahirannya tempat lahir dan tahun lahirnya saya ubah. Tempat lahirnya menjadi Bandung dan tahun lahirnya dimajukan 1 tahun. Sekarang saya sedang menghadapi perkara perceraian dengan ayah biologis anak saya, akta kelahiran anak kami dijadikan bukti bahwa selama pernikahan kami telah dikaruniai anak namun pada saat sidang yang mengagendakan kesaksian dari pihak tergugat (suami), saksi menyampaikan bahwa akta kelahiran tersebut palsu. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah akta tersebut dapat dikatakan palsu apabila tempat kelahiran dan tahun kelahirannya diubah tetapi dikeluarkan dan ditandatangani oleh instansi dan pejabat yang berwenang? Terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Pada dasarnya, penulisan tempat lahir di dalam akta kelahiran tetap menunjuk pada tempat terjadinya kelahiran.
?
Tindakan pencantuman akta kelahiran berbeda dengan aslinya (informasi palsu) dapat dipidana berdasarkan Pasal 266 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Pasal 93 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan perubahannya.
?
Meskipun demikian, akta kelahiran yang dikeluarkan tersebut harus tetap dianggap benar kebenaran isinya, sampai ada putusan pengadilan yang telah inkracht membuktikan sebaliknya. Sehingga apabila di persidangan perkara perceraian Anda dengan suami, Anda tidak mengakui jika isi dari akta kelahiran anak Anda tersebut adalah salah, maka isi dari akta tersebut harus tetap dianggap benar sampai ada putusan pengadilan lainnya yang sudah berkekuatan hukum tetap, membatalkan akta kelahiran tersebut atau menyatakan sebaliknya.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?