Bagaimana Jika Perusahaan Tidak Memberikan Surat Keterangan Kerja?

Bacaan 7 Menit
Bagaimana Jika Perusahaan Tidak Memberikan Surat Keterangan Kerja?
Pertanyaan

Saya bekerja selama 10 tahun 9 bulan dengan jabatan terakhir senior supervisor. Saya mengajukan surat resign 30 hari sebelum dari tanggal resign dan tidak diberi tanggapan atas surat saya. Ketika sudah 30 hari, saya sudah tidak aktif lagi di perusahan tersebut. Ketika saya menuntut surat keterangan kerja, perusahan tidak membuatkan surat tersebut dengan alasan untuk posisi saya surat resign harus diterima 60 hari sebelum tanggal resign saya. 1. Dalam hal ini apa bisa saya menuntut surat keterangan kerja kepada perusahaan? 2. Langkah apa yang ditempuh bila perusahan tetap menolak membuat surat keterangan kerja tersebut? 3. Surat keterangan kerja tersebut untuk proses pencairan dana Jamsostek dan apakah bisa proses pencairan dana jamsostek tanpa surat keterangan kerja? Terima kasih atas bantuannya Bapak/Ibu sekalian. Salam Wahyu.

Intisari Jawaban

Salah satu dokumen yang wajib dilampirkan untuk klaim Jaminan Hari Tua (“JHT”) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (“BPJS Ketenagakerjaan”) karena karyawan mengundurkan diri sebelum memasuki usia pensiun (56 tahun) yakni surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan tempat bekerja yang ditujukan kepada dan diketahui Dinas Ketenagakerjaan setempat dengan tembusan kepada BPJS Ketenagakerjaan setempat.

Lantas, bagaimana jika perusahaan menolak memberikan surat tersebut karena karyawan yang bersangkutan tidak mengajukan permohonan pengunduran diri minimal 60 hari sebelum tanggal pengunduran diri (two months notice)?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.