Aturan dan Risiko Bisnis Inovasi Keuangan Digital

Bacaan 6 Menit
Aturan dan Risiko Bisnis Inovasi Keuangan Digital
Pertanyaan

Saya ingin bertanya, apa perbedaan fintech dan inovasi keuangan digital? Apakah POJK Nomor 13/POJK.02/2018 tentang inovasi keuangan digital di sketor jasa keuangan ada kaitanya dengan POJK nomor 77/POJK.01/2016 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi?  Apabila perusahaan pembiayaan ingin melakukan inovasi keuangan digital, apa kemungkinan kerugian yang akan dialaminya?

 

Intisari Jawaban
?
Tidak ada perbedaan mendasar antara Fintech dengan Inovasi Keuangan Digital (?IKD?), hanya saja Otoritas Jasa Keuangan (?OJK?) menggunakan terminologi IKD untuk menyebut produk Fintech.
?
Jelas ada hubungan antara IKD dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (?POJK 77/2016?) karena Peer-to-Peer Lending (?P2PL?) merupakan salah satu bentuk IKD. Akan tetapi, karena Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan (?POJK 13/2018?) yang mengatur tentang IKD keluar belakangan daripada POJK 77/2016, maka mengenai regulatory sandbox yang diatur pada POJK 13/2018 tidak diterapkan bagi pelaku P2PL.
?
Perusahaan pembiayaan jelas dapat menjadi penyelenggara IKD karena kedudukannya sebagai lembaga jasa keuangan. Akan tetapi, terdapat risiko bisnis, hukum dan teknologi informasi yang harus diwaspadai.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?