Hukumnya Melelang Objek Hak Tanggungan Tanpa Pengumuman

Bacaan 10 Menit
Hukumnya Melelang Objek Hak Tanggungan Tanpa Pengumuman
Pertanyaan
Saya menyewakan sebuah rumah selama enam tahun. Berjalan empat tahun, saya meminjam uang ke bank, dengan jaminan rumah tersebut. Setelah berjalan setahun, saya menunggak dan rumah sekarang mau dilelang. Berhubung akhir tahun ini perjanjian sewa habis, masa sewanya tidak saya perpanjang agar rumah itu dapat saya jual. Namun penyewa tidak mau keluar karena memiliki surat tanggungan dari BPN. Rupanya rumah saya sudah dilelang oleh bank dan dibeli oleh si penyewa tanpa sepengetahuan saya. Pertanyaan saya, apakah upaya hukum pidana bisa saya tempuh? Berhubung saya tidak mengetahui rumah tersebut dilelang sepihak. Apa upaya hukum lain yang bisa saya lakukan?
Intisari Jawaban
Rumah Anda yang menjadi objek hak tanggungan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan atas Tanah Beserta Benda-Benda yang Berkaitan dengan Tanah dapat menjadi objek pelelangan umum jika Anda selaku pemberi hak tanggungan cidera janji.
 
Pelelangan umum tersebut wajib didahului dengan pengumuman lelang. Jika tidak, maka pelelangan umum dapat dibatalkan. Selain itu, bank selaku pemegang hak tanggungan dapat digugat perdata atas perbuatan melawan hukum, bahkan atas tindak pidana.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.