Cara Penyidik Menjerat Pelaku Perjudian Internet

Bacaan 8 Menit
Cara Penyidik Menjerat Pelaku Perjudian Internet
Pertanyaan

Saya sedang meneliti kasus perjudian maya, yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara pembuktiannya? Apakah hanya melalui pemenuhan unsur-unsur dalam tindak pidana perjudian? Apakah bukti transfer dapat dijadikan sebagai alat bukti, mengingat tentunya tidak ada spesifikasi khusus yang menjelaskan adanya transaksi perjudian? Apakah e-mail dapat dijadikan alat bukti? Bagaimana dengan hasil tanya jawab/wawancara melalui media telepon yang telah direkam, apakah dapat dijadikan alat bukti? Sekian pertanyaan saya, saya mohon bantuannya, terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Untuk menentukan telah terjadinya tindak pidana, Aparat Penegak Hukum (?APH?) harus membuktikan bahwa tersangka atau terdakwa telah memenuhi unsur-unsur pidana yang disangkakan atau didakwakan. Pembuktian bahwa unsur-unsur pidana telah terpenuhi juga harus berdasarkan alat-alat bukti yang telah diatur dalam undang-undang serta keyakinan hakim.
?
Informasi elektronik, dokumen elektronik, dan hasil cetaknya dapat dijadikan alat bukti sepanjang informasi yang tercantum di dalamnya dapat diakses, ditampilkan, dijamin keutuhannya, dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga menerangkan suatu keadaan.
?
Bagaimana cara penyidik menjerat pelaku? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak ulasan di bawah ini.
?