Menghadapi Tetangga Baru yang Meresahkan

Bacaan 7 Menit
Menghadapi Tetangga Baru yang Meresahkan
Pertanyaan

Apabila ada tetangga stres/setengah gila, dan saya ingin mengusir tetangga tersebut karena sering meresahkan, tindakan apa yang harus dilakukan? Tetangga saya masih baru dan belum tercatat sebagai warga di RT dan kelurahan tempat saya tinggal.

 

Intisari Jawaban
?
Setiap perpindahan penduduk harus dilaporkan kepada Kepala Desa/Lurah tempat tujuan dengan menunjukkan Surat Keterangan Pindah untuk kemudian akan mendapatkan Surat Keterangan Pindah Datang yang nantinya berfungsi untuk proses penerbitan Kartu Keluarga (?KK?) dan Kartu Tanda Penduduk (?KTP?) dengan alamat baru maupun perekaman ke dalam database kependudukan
?
Dalam praktiknya, umumnya setiap pendatang diwajibkan melapor kepada Ketua RT setempat setelah datang ke suatu tempat dan tinggal melebihi waktu 1x24 jam.
?
Dalam hal ini, ada baiknya Anda melaporkan kepada Kepala Desa atau Ketua RT/RW atau Lurah setempat terkait dengan pindah datangnya orang tersebut (tetangga Anda) dan keresahan yang ditimbulkannya.
?
Jika upaya tersebut tidak berhasil, apabila Anda merasa hak Anda dilanggar dan merugikan kepentingan Anda karena tindakan dari tetangga tersebut, maka perbuatan tetangga Anda tersebut dapat dikategorikan sebagai perbuatan melawan hukum (?PMH?). Anda dapat menggugat tetangga Anda secara perdata untuk meminta ganti kerugian atas dasar PMH.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?