Wajibkah Memberikan Komisi kepada Broker Properti?

Bacaan 4 Menit
Wajibkah Memberikan Komisi kepada Broker Properti?
Pertanyaan

Saya mau bertanya tentang broker, istilah keren yang sedang marak saat ini. Mendengar cerita dari kawan kawan yang sudah berprofesi sebagai broker, saya ingin mengetahui hukumnya secara jelas. Berikut contoh kasusnya:

Ada seorang investor besar entah dari mana asalnya, dia mencari sebidang tanah seluas 30-50 Ha untuk dibangun sebuah perusahaan, dan tidak mungkin investor itu mencari informasi sendiri. Diutuslah anak buahnya untuk mencari informasi, dan si anak buah mempunyai channel broker di daerah yang diinginkan investor. Broker pun memberi informasi yang jelas dan valid tentang kepemilikan tanah dan segala yang dibutuhkan si investor. Setelah informasinya jelas dari si broker, si investor itu survey lokasi dan merasa cocok, setelah terjadinya kesepakatan si broker ini meminta komisi dari penjualan itu.

  1. Apakah wajib pihak penjual dan pembeli memberi komisi?
  2. Benarkah besarnya 1% dari hasil kesepakatan?
  3. Apakah ada hukumnya?
  4. Seandainya, kalau di antara 1 pihak tidak mau memberi komisi, bagaimana hukumnya?

Mohon bantuan dan penjelasannya. Terima kasih.

Intisari Jawaban

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M-DAG/PER/7/2017 Tahun 2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (“Permendag 51/2017”), broker properti disebut dengan istilah tenaga ahli perantara perdagangan properti (“tenaga ahli”), yakni orang yang memiliki keahlian di bidang perantaraan perdagangan properti yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi perantara perdagangan properti. Dalam praktik, broker properti dapat bekerja sendiri atau di bawah naungan perusahaan perantara perdagangan properti (“P4”).

Selain itu, Permendag 51/2017 juga telah mengatur mengenai hak atas komisi untuk jasa yang dilakukan oleh P4. Lalu, bagaimana dengan komisi untuk broker yang bekerja sendiri?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika