Prosedur Hukum Ganti Jenis Kelamin

Bacaan 4 Menit
Prosedur Hukum Ganti Jenis Kelamin
Pertanyaan

Saya mempunyai seorang teman, dan sepertinya ia merupakan seorang hermaprodit. Yang bersangkutan bertanya pada saya apa saja syarat-syarat untuk mengubah gender yang awalnya perempuan dan sekarang ingin berubah menjadi laki-laki, dan bagaimana cara tahapan yang harus dijalankan di pengadilan. Dia sudah mengecek statusnya, katanya sudah dinyatakan oleh pihak rumah sakit kalau dia adalah seorang laki-laki. Kalau prosedurnya mengajukan ke pengadilan, kemudian hasil putusan dibawa ke capil untuk diubah, lalu selain bukti rumah sakit, apa saja yang harus disiapkan dalam proses di pengadilan? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Intisari Jawaban

Di Indonesia sebenarnya aturan mengenai prosedur penggantian jenis kelamin (transgender) tidak diatur secara khusus. Akan tetapi, syarat ganti jenis kelamin secara hukum administratif harus dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan untuk kemudian dicatatkan pada instansi pelaksana. Sebab, penggantian jenis kelamin termasuk sebagai pencatatan peristiwa penting lainnya menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan perubahannya.

Adapun syarat-syarat yang dibutuhkan untuk memperoleh penetapan pengadilan, pada dasarnya hal tersebut diatur oleh masing-masing pengadilan. Sebagai contoh, dalam artikel ini kami mengutip penetapan izin mengganti jenis kelamin pada sebuah kasus di salah satu pengadilan negeri.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika