Rabu, 31 Oktober 2018

Jika Terganggu Ulah Tetangga yang Membakar Sampah

Jika Terganggu Ulah Tetangga yang Membakar Sampah

Pertanyaan

Apakah ada hukum tentang pembakaran sampah yang asapnya mengganggu sekitar? Tetangga melakukan pembakaran secara rutin di belakang rumahnya. Asap mengepul parah dan membuat orang menjadi susah bernapas. Sesak napas, batuk-batuk, terkadang menjadi lemas, ini kami alami tiap asap mengepul. Mereka hampir tiap hari membakar. Kadang beberapa jam, kadang seharian penuh sampai malam saat kami tidur jam 12 asap tak berhenti. Ini sudah beberapa bulan terjadi. Sudah coba bicara dengan tetangga tapi tak ada hasil. Coba ke RT tapi RT ganti orang terus, tak pernah berhasil ditemui. Nomor kontak juga tak ada, tak pernah bisa dihubungi sampai sekarang. Tapi asap berjalan terus sudah beberapa bulan. Kami harus bertahan napas dalam asap beracun tersebut. Terima kasih.

Intisari Jawaban

Jika Anda mengalami kerugian atas asap yang ditimbulkan akibat pembakaran sampah yang tidak sesuai dengan parsyaratan teknis yang dilakukan oleh tetangga Anda, maka penyelesaian sengketa persampahan bisa dilakukan melalui gugatan perbuatan melawan hukum yang diatur di Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Anda sebagai penggugat harus membuktikan unsur-unsur kesalahan, kerugian, dan hubungan sebab akibat antara perbuatan tetangga Anda dan kerugian yang ditimbulkan.
Sebagai upaya terakhir (yakni menempuh jalur hukum pidana), Anda juga dapat melaporkan gangguan asap tersebut kepada Kepolisian atau ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai perangkat daerah yang menegakkan Perda.
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

 

Lihat Ulasan Lengkap

Ingin Masalah Anda Segera Tuntas?

Percayakan masalah hukum Anda ke ahlinya. Hubungi konsultan hukum profesional, hanya Rp299.000,- per 30 menit.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
PENJAWAB : Dimas Hutomo, S.H.
MITRA : Bung Pokrol
Dimas Hutomo mendapatkan gelar sarjana hukum dari Universitas Airlangga pada 2014 dengan mengambil Peminatan Sistem Peradilan.
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua