Bolehkah Karyawan Menolak Pekerjaan yang Berbahaya?

Bacaan 8 Menit
Bolehkah Karyawan Menolak Pekerjaan yang Berbahaya?
Pertanyaan

Saya merupakan karyawan outsourcing di sebuah perusahaan telekomunikasi. Salah satu tugas saya adalah mengganti perangkat di atas tower. Untuk tower besar saya berani melakukan pekerjaan itu, tapi untuk tower yang kecil atau monopole saya takut, karena bekerja di sana berbahaya bagi saya. Ukuran towernya kecil, sehingga tidak bisa tegak stabil. Saya juga diharuskan untuk gelayutan. Itu yang membuat saya takut. Adakah undang-undang yang melindungi pekerja yang menolak melakukan request dari atasan untuk melakukan pekerjaan tersebut?

Intisari Jawaban

Apabila telah disepakati di dalam perjanjian kerja, seorang pekerja pada dasarnya tidak dapat menolak suatu pekerjaan, sekalipun pekerjaan tersebut dinilai membahayakan. Namun demikian, berbagai peraturan perundang-undangan menjamin perlindungan keselamatan seorang pekerja.

Di samping itu, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja memberikan hak kepada Anda untuk menyatakan keberatan kerja pada pekerjaan di mana syarat keselamatan dan kesehatan kerja serta alat alat perlindungan diri yang diwajibkan diragukan, kecuali dalam hal-hal khusus ditentukan lain oleh pegawai pengawas dalam batas-batas yang masih dapat dipertanggungjawabkan.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.