Apakah SKCK Dibutuhkan sebagai Syarat Daftar CPNS dan Caleg?

Bacaan 11 Menit
Apakah SKCK Dibutuhkan sebagai Syarat Daftar CPNS dan Caleg?
Pertanyaan

Saya ingin tahu apakah menurut hukum dibutuhkan SKCK untuk persyaratan mendaftar CPNS atau Caleg?

Intisari Jawaban
?
Surat Kerangan Catatan Kepolisian (?SKCK?) merupakan surat keterangan resmi yang memuat hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang diri seseorang, termasuk pernah atau tidaknya melakukan tindak pidana.
?
Jika kita perhatikan penerbitan SKCK pada setiap tingkat institusi Kepolisian menurut Peraturan Kepala Kepolisian RI Nomor 18 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (?Perkapolri 18/2014?), maka penerbitan SKCK untuk keperluan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/CPNS (calon pegawai pada lembaga/badan/instansi pemerintahan) berada pada tingkat Polres. Sedangkan penerbitan SKCK untuk kepentingan menjadi Caleg (Calon Anggota Legislatif) berada pada tingkat Mabes Polri.
?
Berdasarkan penelusuran kami, secara eksplisit tidak disebutkan bahwa SKCK diperlukan sebagai syarat wajib untuk menjadi CPNS dan Caleg. Pada dasarnya SKCK diberikan untuk suatu keperluan karena adanya ketentuan yang mempersyaratkan sebagaimana diatur di Pasal 1 angka 4 Perkapolri 18/2014. Jadi, jika tidak dipersyaratkan, maka tidak wajib diberikan.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?