Hukumnya Mengiklankan Website yang Mengarahkan ke Perjudian

Bacaan 6 Menit
Hukumnya Mengiklankan <i>Website</i> yang Mengarahkan ke Perjudian
Pertanyaan

Saya adalah pengusaha tempat hiburan malam, salah satu website prediksi bola ingin mencetak spanduk untuk dipasang di tempat hiburan malam milik saya itu. Pertanyaan: Apakah hal tersebut melanggar hukum apabila spanduk tersebut berisikan konten yang tidak ada ajakan untuk berjudi dan apabila website tersebut hanya sekedar memberikan informasi mengenai prediksi hasil akhir dari turnamen sepak bola? Tetapi di dalam website tersebut memang ada link yang apabila diklik tautannya mengarah ke perjudian.

Intisari Jawaban

Mengiklankan website prediksi hasil turnamen sepak bola dengan menampilkan spanduk di tempat usaha Anda yang mana di dalam website tersebut terdapat tautan yang mengarah ke perjudian merupakan hal yang dilarang/tidak boleh diiklankan.

Pelanggaran atas larangan mengiklankan perjudian baik secara langsung atau tersamar dapat dijerat pidana berdasarkan Pasal 62 ayat (2) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tetang Perlindungan Konsumen dengan pidana penjara paling lama 2 tahun atau pidana denda paling banyak Rp500 juta.

Lalu bagaimana dengan pemilik/pengelola website prediksi bola yang memiki tautan yang mengarah ke perjudian tersebut? Adakah hukuman baginya?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.