Apakah Karyawan Kontrak yang Resign Mendapatkan Pesangon?

Bacaan 5 Menit
Apakah Karyawan Kontrak yang <i>Resign</i> Mendapatkan Pesangon?
Pertanyaan

Saya adalah karyawan dari salah satu perusahaan swasta yang berdomisili di Jakarta, saya telah bekerja di perusahaan ini sejak tahun 2016 hingga kini dengan status sebagai berikut: 1. Kontrak I tahun 2016-2018, 2. Kontrak II tahun 2018-2019, 3. Kontrak III tahun 2019-2020, dan 4. Kontrak IV tahun 2020-hingga kini. Sampai sekarang status saya masih kontrak, ada beberapa yang ingin saya tanyakan: 1). Apakah benar menurut UU Ketenagakerjaan perusahaan saya yang telah mengikat kontrak kerja terhadap saya hingga 4 kali periode? 2). Kontrak saya akan berakhir bulan ini, di perusahaan saya berlaku bahwa jika seorang karyawan tidak mau diperpanjang kontraknya, maka saya dianggap mengundurkan diri dan tidak dapat pesangon, tolong berikan pasal dari UU Ketenagakerjaan bahwa apa yang berlaku di perusahaan benar/salah. 3) Apakah hitungan masa kerja pesangon dihitung jika seorang karyawan telah bekerja selama 3 tahun dan bukan dihitung waktu tahun pertama karyawan bekerja? Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih atas informasi yang diberikan.

Intisari Jawaban

Kini beberapa ketentuan ketenagakerjaan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan telah diubah, dihapus, dan/atau dimuat pengaturan baru oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Lantas bagaimana hukumnya apabila mempekerjakan pekerja dengan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) atau dikenal dengan sebutan pekerja kontrak saat ini? Bagaimana pula jika dihubungkan dengan pertanyaan Anda jika dipekerjakan sejak tahun 2016?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika