Apakah Pengurusan RPTKA Sektor Perbankan Dilakukan Melalui OSS?

Bacaan 10 Menit
Apakah Pengurusan RPTKA Sektor Perbankan Dilakukan Melalui OSS?
Pertanyaan

Mengacu pada PP No 24 Tahun 2018 tentang Pelayan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, saya mau bertanya. Pada Pasal 29 mengenai Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing/RPTKA, Pelaku Usaha harus melakukan pendaftaran. Tetapi Bank selaku pelaku jasa keuangan juga wajib mematuhi peraturan OJK dan BI dan pendaftaran tenaga kerja asing dilakukan mengacu pada peraturan ketenagakerjaan. Yang saya tanyakan, kalau untuk tenaga kerja asing apakah bank harus mendaftar kembali melalui OSS atau gimana?

Intisari Jawaban

?

Permohonan dan Pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (?RPTKA?) untuk sektor keuangan yaitu perbankan, tidak dilakukan melalui sistem Online Single Submission (?OSS?) karena sektor keuangan tidak termasuk ke dalam sektor yang disebutkan dalam Pasal 85 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (?PP 24/2018?). Oleh karena itu, maka permohonan dan pengesahan RPTKA dilakukan di luar sistem OSS yaitu melalui TKA Online berdasarkan Pasal 11 ayat (1) Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing, yaitu aplikasi teknologi informasi berbasis web untuk memberikan pelayanan kepada Pemberi Kerja TKA melalui laman tkaonline.kemnaker.go.id.

?

Selain itu juga, Bank harus menyampaikan rencana pemanfataan TKA kepada Otoritas Jasa Keuangan yang dicantumkan dalam Rencana Bisnis Bank.

?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

?